image1 image2 image3

DBUKU.ORG|PERPUSTAKAAN PRIBADI DIANA SASA|MENYEDIAKAN BUKU BACAAN GRATIS UNTUK UMUM|RUANG PUBLIK DAN KEDAI UNTUK DISKUSI, NONTON BARENG, RAPAT, PAMERAN, MINI KONSER, DSB

MAJELIS BIBLIO II_Buku Catatan Perjalanan

SURABAYA- DBuku Bibliopolis menggelar acara Majelis Biblio III dengan Bedah Buku mantan tahanan politik G30SPKI, Syarkawi Manaf berjudul Kisah Perjalanan dan Buku karya M Ali Chanafah & Salmiah Chanifiah (Pane) berjudul Perjalanan Jauh hari ini (29/1). 

Buku ini dibahas bersama dua sastrawan Zoya Herawati dan Umar Fauzi Ballah. 

"Buku ini menarik sebagai satu lagi referensi tambahan terkait eses tragedi 65. Dan tentu saja informasi seperti ini diperlukan oleh generasi sekarang dan mendatang sebagai perimbangan. Mengingat sejarah bangsa ini telah terlampau lama dibengkokkan," kata Fauzi.

Menurut Zoya, menulis catatan harian atau catatan perjalanan seperti ini adalah tradisi khas kader 'merah'. Mereka yang militan memiliki kesadaran akan pentingnya dokumentasi. Karena itu merupakan salah satu ajaean dalam gerakan. 

"Tradisi seperti ini baik untuk dicontoh anak muda. Tulislah sejarahmu sendiri agar kau mengenali sejarah bangsamu," lanjut Zoya. 

Diskusi yang diikuti oleh banyak anak-anak SMA ini menjadi lebih seru karena ternyata para siswa itu banyak tak mengetahui perubahan kisah sejarah mengenai tragedi 65. 

"Saya senang dengan diskusi ini karena saya jadi tahu bahwa ternyata ada versi sejarah bangsa Indonesia yang berbeda dari apa yang selama ini saya pelajari di sekolah," tutur Vita, salah satu peserta. (DS)

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar