image1 image2 image3

DBUKU.ORG|PERPUSTAKAAN PRIBADI DIANA SASA|MENYEDIAKAN BUKU BACAAN GRATIS UNTUK UMUM|RUANG PUBLIK DAN KEDAI UNTUK DISKUSI, NONTON BARENG, RAPAT, PAMERAN, MINI KONSER, DSB

MAJELIS BIBLIO XV-Perempuan Kopi

Dewi Nova hadir di perpustakaan d:buku dengan sumringah. Meski sederhana, majelis kali ini disesaki sahabat-sahabat Dewi di Surabaya. Mayoritas adalah komunitas LGBT. Kawan-kawan sastra juga banyak yang hadir. Maria Mustika menyampaikan pengalamannya membaca perempuan kopi. Menurut Maria, cerpen-cerpen Dewi dalam Perempuan Kopi menceritakan perempuan-perempuan tangguh yang tidak melulu menghiba ketika menjadi korban diskriminasi. Cerita tentang LGBT juga disajikan sebagai sebuah cerita yang alami tanpa sentakan pemberontakan berlebih.



Dalam Perempuan Kopi, Dewi Nova merekam peristiwa perjalanan bekerja dengan organisasi kemanusiaan di desa dan kota pulau Jawa, NTT, Bangkok, Mae Sot-perbatasan Thailand dan Burma-, café di Kharghar, Mumbay. Lalu mendedahkan dalam cerpen tentang perempuan kepada lelaki yang kekasih, buruh kepada perusahaan, petani kepada negara, umat kepada lembaga agama, dan warga terhadap negara. Dengan harapan hidup bersama saling memanusiakan.

“Penting untuk melihat relasi kuasa. Bahwa persoalan di tingkat personal terkait juga dengan kebijakan agama dan negara. Seperti dalam cerpen Perempuan Kopi, perempuan-perempuan berjuang mempertahankan kebun kopi miliknya dari rampasan negara, setelah suaminya ditembak polisi,” kata Dewi.

Foto-foto lain bisa dilihat di sini

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar