image1 image2 image3

DBUKU.ORG|PERPUSTAKAAN PRIBADI DIANA SASA|MENYEDIAKAN BUKU BACAAN GRATIS UNTUK UMUM|RUANG PUBLIK DAN KEDAI UNTUK DISKUSI, NONTON BARENG, RAPAT, PAMERAN, MINI KONSER, DSB

TENTANG KAMI


DBUKU INSTITUT adalah lembaga sosial kemasyarakatan yang bergerak dibidang pengembangan budaya literasi di Indonesia. Didirikan secara mandiri pada 17 Mei 2009 bertepatan dengan peluncuran buku Para Penggila Buku: Seratus Catatan di Balik Buku karya Diana AV Sasa dan Muhidin M Dahlan. Kantor pusat ditempatkan di Surabaya.

Nama DBUKU (Baca: dibuku) ini memiliki pengertian yang luas dengan kawasan operasi melayani kebutuhan masyarakat urban akan kebutuhan literasi. DBUKU menandai bahwa semangat lembaga ini adalah semangat buku dan keberaksaraan. Aksara "D" bisa dibaca sebagai huruf D dalam bahasa Inggris dan bisa juga akronim dari gabungan dua nama pendiri awalnya: Diana (AV Sasa) dan (Muhidin) Dahlan atau "dunia" (DBUKU=Dunia Buku). 

BIBLIOPOLIS bersandar dari pemahaman biblio(buku) dan polis (kota) sebagai semangat literasi kota.  Dbuku Bibliopolis dimaksudkan sebagai perpustakaan yang merekam jejak-jejak perjalanan kota Surabaya melalui koleksi dan kegiatannya.
 
Berawal dari kegiatan Temu Komunitas Buku “Merdeka Bersama Buku” di Toko Buku Togamas DTC Surabaya pada 17 Agustus 2008, d:buku kemudian intens melakukan gerakan kampanye membaca dan menulis di Surabaya melalui berbagai forum formal maupun informal. Pendirian perpustakaan yang kemudian diberi nama DBUKU BIBLIOPOLIS adalah perkembangan selanjutnya dimana perpustakaan ini dijadikan ruang belajar bersama masyarakat sekitar perpustakaan dan masyarakat Surabaya secara lebih luas.

Perpustakaan  ini akan menjadi ruang bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan pengembangan literasi Selain menyediakan buku-buku, perpustakaan ini juga menyediakan ruang diskusi dan pameran sehingga pengunjung perpustakaan turut serta terlibat aktif dalam proses menghidupi perpustakaan. Disini perpustakaan kami fungsikan sebagai ruang kreatif dan rekreasi.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar